Selasa, 17 April 2012

TOMCAT VIRUS

Kingdom: Animalia Phylum: Arthropoda
Class: Insecta
Order: Coleoptera
Family: Staphylinidae
Subfamily: Paederinae
Genus: Paederus
Serangga ini termasuk dalam genus Paedorus, dikenal dengan nama kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie, dari golongan kumbang dan termasuk anggota family Staphylinidae. Paederus telur diletakkan secara tunggal, di habitat lembab daerah pertanian seperti sawah. Larva melewati dua instar sebelum pupation. Larva dan dewasa predator pada serangga lain, dan serangga ini muncul pada sore hari dan sangat tertarik terhadap cahaya. Serangga ini merupakan sahabat petani untuk mengusir dan memakan jenis kutu dan hewan kepik hama padi.

   

 Ukuran tubuh kumbang ini kecil kurang lebih 1 cm. Memiliki warna tubuh Hitam dan orange. Meskipun Paederus kumbang tidak menggigit atau menyengat, Kumbang ini perlu diwaspadai, karena mereka dapat mengeluarkan toxin bila bersentuhan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

  

Toxin yang dihasilkan biasa disebut Pederin menyebabkan Kulit iritasi hasil dari kontak dengan pederin racun yg menyebabkan bengkak di Hemolimf. racun ini diproduksi, bukan oleh kumbang sendiri, tetapi oleh bakteri endosimbion, mungkin beberapa spesies Pseudomonas. Gejala tidak akan timbul ketika Kulit kontak awal dengan pederin, Gejala baru akan nampak dalam waktu 12-36 jam,tetapi warna kemerahan muncul, Iritasi, dapat berlangsung dari dua sampai tiga minggu. Setelah pederin adalah pada kulit dari kontak kumbang awal, itu juga mungkin tersebar di tempat lain di kulit.

    

Cuci tangan dan kulit dengan sabun dan air sangat direkomendasikan. Jika kita berada di daerah yang terdapat kumbang Paedorus. Kumbang ini juga pernah menyerang pada manusia di beberapa negara antara lain Sri Lanka, Pada pabrik mainan di China Tengah, Pangkalan Militer di Irak, Suku Aborigin Australia, dan yang hangat baru-baru ini dikabarkan menyerang saudara kita warga Apartemen Eastcoast Laguna Indah, Pakuwon City. Diberitakan sebelumnya, beberapa warga yang tinggal di Apartemen Eastcoast diserbu serangga beracun. Sejak Selasa (13/3/2012)Ida Yanti (42) baby sitter yang tinggal di lantai 1 Eastcoast mengalami luka merah semacam luka bakar di bagian muka, tubuh dan lengan.

  


Setelah diperiksa, luka gatal-gatal yang juga menimbulkan luka panas ini ditimbulkan oleh cairan beracun Serangga Tomcat. Untuk pengendalian serangga ini hubungi tenaga profesional pengendalian hama pest control jakarta untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar