Senin, 16 April 2012

Kunci Jawaban UN Beredar, Berita Bohong

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Harun menegaskan, tidak ada kebocoran kunci jawaban Ujian Nasional (UN) di Jawa Timur. Kabar yang berkembang selama ini, adalah kabar bohong dihembuskan pihak yang tidak bertanggung jawab.



''Semua proses sejak pengambilan soal dari Polsek atau Sub Rayon dikawal ketat, selain itu ada lima soal yang berbeda, dan masing-masing soal berbeda dengan lainnya. Jadi segala kemungkinan adanya dugaan soal kebocoran sangat kecil,'' katanya usai melakukan sidak di sejumlah sekolah SMU di Surabaya, Senin (16/4/2012).

Pernyataan tersebut menanggapi beredarnya kunci jawaban UN SMA via sms yang beredar di Kabupaten Jombang pada Minggu (15/4/2012) atau sehari sebelum UN diselenggarakan. Kunci jawaban tersebut akan disebar dengan cara dan nomor khusus yang dijual seharga Rp 25 juta.

Meskipun meyakini kebohongan kabar tersebut, tim dari Dinas Pendidikan Jatim tetap menurunkan tim untuk mencari fakta. ''Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk memastikan bahwa kabar kebocoran soal adalah berita bohong, dan masyarakat jangan sampai mempercayainya,'' tambah Harun.

UN untuk jenjang SMA sederajat hari ini diikuti oleh 36.219 siswa peserta se-Surabaya, dari 1.554.229 siswa se-Jatim. Sebanyak 23.971 personil polisi dari Polda Jatim dan Jajaran Polres dan Polsek juga disiagakan untuk pengamanan sejak tahap distribusi soal hingga akhir UN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar