Sabtu, 14 April 2012

MAKANAN TERLARANG SAAT LARUT MALAM

KOMPAS.com - Apa yang Anda lakukan jika merasa lapar menjelang tidur? Menahannya? Sebaiknya jangan lakukan itu, karena sebenarnya menahan lapar itu lebih berbahaya dan justru membuat tubuh semakin gemuk. Jika Anda lapar saat tengah malam, ngemil sebenarnya sah saja dilakukan. Syaratnya, tetap cermat dalam memilih jenis cemilannya agar tidak malah membuat Anda sulit tidur atau timbangan jadi naik karena Anda kelebihan kalori. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari jika Anda ingin ngemil saat sudah larut malam.

1. Makanan berminyak dan berlemak
Saat malam hari perut sebenarnya juga membutuhkan istirahat. Makanan berminyak dan berlemak akan membuat Anda merasa lemas di pagi hari, karena saat tengah malam perut dipaksa bekerja lebih keras untuk mencerna semua makanan tersebut. Jauhi jenis makanan seperti makanan siap saji, kacang, es krim, atau makanan yang mengandung keju. Lagipula, makanan yang berminyak dan berlemak juga memicu timbunan lemak dalam tubuh.

2. Makanan tinggi karbohidrat atau makanan manis
Tak ada salahnya untuk menyantap makanan manis, karena bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Namun, jika Anda menyantapnya terlalu banyak, atau memilih jenis makanan yang berkarbohidrat tinggi, kadar gula darah akan meningkat dengan cepat sehingga bisa mengganggu kenyamanan tidur. Hindari cemilan yang manis dan "berat" seperti martabak, dessert, keripik, nasi dengan lauk-pauk bersantan, atau roti. Kunyah saja buah-buahan atau sereal sebagai penggantinya.

3. Daging merah dan protein lainnya
Seperti makanan berlemak, mengonsumsi daging merah pada tengah malam akan membuat pencernaan bekerja sangat keras sehingga Anda akan sulit tidur. Tidak perlu menghindari protein sama sekali, yang pasti konsumsi saja dalam porsi yang secukupnya.

4. Makanan pedas
Rempah-rempah mungkin bisa menjadi obat alami untuk berbagai penyakit, dan punya efek menghangatkan tubuh. Namun, sebaiknya hindari makanan pedas, baik yang dihasilkan oleh cabai atau rempah-rempah lain saat ingin makan pada malam hari. Makanan yang pedas bisa mengusik perut, dan senyawa kimia yang ada di dalamnya bisa merangsang indera Anda sehingga jadi sulit tidur.

5. Makanan dalam porsi besar
Tidur dalam keadaan perut lapar memang sangat tidak menyenangkan. Bila memang harus makan, makanlah asal jangan sampai terasa sangat kenyang. Makan terlalu kenyang juga membuat perut tidak nyaman, lho. Jika ingin ngemil ketika sudah larut malam, pastikan total kalorinya tetap di bawah 200 kalori. Hati-hati juga akan timbunan lemak yang mengincar Anda ketika menyantap makanan dalam porsi yang besar.



sumber: FitSugar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar