Senin, 17 September 2012

LAYER PRESENTATION

    Presentation Layer merupakan layer keenam pada model referensi OSI layer. Presentation layer berhubungan dengan syntax data yang dipertukarkan diantara aplikasi, dengan tujuan untuk mengatasi perbedaan format penyajian data.
Layer presentation dari model OSI melakukan hanya suatu fungsi tunggal: translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem. Sebagai contoh, suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini.

[0310-lapisan-presentasi.jpg]

1. Fungsi Presentation Layer :
· Mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan
· Bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen, .gif dan .jpg untuk gambar. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data, enkripsi dan konversi.
· Membantu untuk melakukan enkripsi data dan kompresi data.
· Mendukung file transfer
· Kemampuan untuk melakukan pencetakan (print) pada jaringan
· Surat elektronik (email)
· Pengiriman pesan elektronik (electronic messaging)
· Melakukan browsing pada World Wide Web
2. Karakteristik Presentation Layer :
· Menyajikan data
· Layanan penterjemah
· Menangani pemrosesan seperti enkripsi, tipe data, format data, struktur data
· Dalam urutan bit nomer biner adalah ditransfer satu bit perwaktu.
· Dalam urutan byte perbedaan selama transfer data antara PC dan Macintosh bisa direkonsiliasi.
· Karakter kode translasi meliputi karakter ASCII digunakan untuk mewakili karakter English
3. Protokol dalam presentation layer
Protocol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP). Virtual Terminal Protokol (VTP) merupakan contoh dari protokol pada Presentation layer.
4. Contoh
Satu contoh layanan pressentation adalah encoding data. Kebanyakan pengguna tidak memindahkan string bit biner yang random. Para pengguna saling bertukar data sperti nama orang, tanggal, jumlah uang, dan tagihan. Item-item tersebut dinyatakan dalam bentuk string karakter, bilangan interger, bilangan floating point, struktur data yang dibentuk dari beberapa item yang lebih sederhana. Terdapat perbedaan antara satu komputer dengan komputer lainnya dalam memberi kode untuk menyatakan string karakter (misalnya, ASCII dan Unicode), integer (misalnya komplemen satu dan komplemen dua), dan sebagainya. Untuk memungkinkan dua buah komputer yang memiliki presentation yang berbeda untuk dapat berkomunikasi, struktur data yang akan dipertukarkan dapat dinyatakan dengan cara abstrak, sesuai dengan encoding standard yang akan digunakan “pada saluran”. Presentation layer mengatur data-struktur abstrak ini dan mengkonversi dari representation yang digunakan pada sebuah komputer menjadi representation standard jaringan, dan sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar