Minggu, 09 Desember 2012

APLIKASI - APLIKASI SIKLUS PRODUKSI DAN KEUANGAN



SIKLUS PRODUKSI

Siklus Produksi  adalah rangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan dataterkait yang terus terjadi yang berkaitan dengan pembuatan produk.

Ada empat aktivitas dasar dalam siklus produksi :
1.       Perancangan Produk
          perancangan produk adalah satu set kegiatan yang dimulai dari timbulnya persepsi bahwa ada kesempatan (opportunity) di pasar, dan berakhir dengan produksi, penjualan, dan pengiriman produk.

2.       Perencanaan dan Penjadwalan
Langkah kedua dalam siklus produksi adalah perencanaan dan penjadwalan.
Tujuan dari langkah ini adalah mengembangkan rencana produksi yang cukup efisien untuk memenuhi pesanan yang ada dan mengantisipasi permintaan jangka pendek tanpamenimbulkan kelebihan persediaan barang jadi.
dua metode yang biasa dari perencanaan produksi
-       Perencanaan sumber daya produksi (MRP-II)
MRP-II adalah kelanjutan dari perencanaan sumber daya bahan baku yang mencarikeseimbangan antara kapasitas produksi yang ada dan kebutuhan bahan baku untuk memenuhi perkiraan permintaan penjualan.
-      Sistem produksi Just-in-time (JIT)
Tujuan produksi JIT adalah meminimalkan atau meniadakan persediaan bahan baku, barangdalam proses, dan barang jadi.

3.       Produksi Aktual dari Produk.
Cara aktivitas ini dicapai sangat berbeda di berbagai perusahaan. Salah satunya dengan menggunakan computer-integrated manufacturing (CIM). Computer-IntegratedManufacturing (CIM) adalah penggunaan berbagai bentuk TI dalam proses produksi, sepertirobot dan mesin yang dikendalikan oleh kompute, untuk mengurangi biaya produksi.‡
Setiap perusahaan membutuhkan data mengenai 4 segi berikut ini dari operasi produksinya :
1. Bahan baku yang digunakan
2. Jam tenaga kerja yang digunakan
3. Operasi mesin yang dilakukan
4. Serta biaya overhead produksi lainnya yang terjadi
5. Akuntansi  Biaya

jawaban


1. Prosedur produksi berkaitan dengan proses pengubahan bahan baku menjadi produk jadi. Aktivitas produksi bermula dengan pembelian bahan baku dan penyiapan semua bahan baku yang diperlukan. Komponen persediaan terdiri dari : persediaan bahan baku, persediaan bahan setengah jadi, persediaan produk jadi dan persediaan supples.Permintaan bahan baku dan bahan-bahan lainnya untuk diproses dalam pabrik dan diakhiri dengan penyerahan produk ke gudang. Dalam siklus ini terjadi interaksi antara jasa-jasa tenaga kerja, peralatan produksi, bahan baku dan pembantu yang akan diolah menjadi produk baru yang mempunyai nilai guna lebih tinggi.
Proses selanjutnya adalah orderan dari pelanggan. Apapun prosedur dan teknik yang digunakan dalam orderan pelanggan adalah pengolahn bahan makanan sesuai dengan pesanan pelanggan. Hal ini mengingatkan untuk mengetahui berapa komposisi penyelesaian suatu produk diperlukan justifikasi dari para ahli untuk menentukan berapa besarnya tingkat penyelesaian suatu produk(waktu lama atau singkat) dan penyerahan suatu produk dan pembantu diakhiri dengan penyerahan produk yang diselesaikan digudang. Dengan selesainya proses penyerahan produk kepada pelanggan maka berakhirlah sebuah prosedur produksi.



2. Prosedur keuangan melaporkan sumber kapital pada manajer berkenaan dengan hasil operasinya.Laporan keuangan ini menunjukan pada kesatuan eksternal dengan meringkas data akuntansi dan menunjukannya dalam rekening keuangan.terkadang meliputi sistem akuntansi tanggung jawab yang menunjukkan biaya aktual dan dianggarkan pada manajer individu.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar