Kamis, 12 April 2012

PLN Sambas Tambah Daya 2 MW

PLN Sambas Tambah Daya 2 MW

SAMBAS
 – 
Bulan Juli atau Juni, Kabupaten Sambas akan mendapatkan tambahan daya listrik sebesar 2 Megawatt (MW). Selain itu, tambahan listrik juga diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Cabang Singkawang.
Begitu diungkapkan Daniel S Bangun, General Manager PLN Kalbar kepada wartawan, belum lama ini. “Tahun ini Kota Singkawang akan mendapat suplai listrik sebesar 15 MW. Nah, sisanya akan dikirim ke Sambas,” jelasnya saat berkunjung ke Sambas.
Tujuannya penambahan daya terangnya, agar PLN Ranting Sambas lebih optimal melayani masyarakat. Dengan tambahan daya sebesar 2 MW, maka kapasitas listrik di Kabupaten Sambas bisa mencapai 19 MW. “Itu karena kapasitas listrik yang ada sebesar 15-16 MW, termasuk tambahan sisa listrik dari Singkawang,” katanya.
Apabila kapasitas listrik dapat terpenuhi, maka pelayanan listrik di Kabupaten Sambas akan lebih baik lagi. “Kalau tidak ada kendala, diperkirakan pada bulan Juli atau Juni tahun ini tambahan listrik sebesar 2 MW sudah masuk di Kabupaten Sambas. Mudah-mudahan cepat terealisasi,” ujarnya.
Sedangkan rencana pembangunan Pusat Listrik Tenaga Gas dan Batubara (PLTGB) di Kecamatan Tebas, sekarang masih menunggu diselesaikan kontraktor. “Sesuai target, November 2012 sudah terlaksana. Namun masih ada administrasi yang harus diselesaikan. Untuk selanjutnya akan kami bicarakan kembali dengan kontraktor,” ucapnya.
Agar proses pelaksanaan PLTGB bisa berjalan tepat waktu, bulan November akan meminta kepastian kerja dari kontraktor agar secepatnya memperoleh dana proyek. Jika tidak disanggupi, maka kita akan putuskan kontraknya. Selanjutnya, bisa saja dilakukan perjanjian dengan kontraktor baru. “Hanya saja, apabila ini terjadi, maka akan repot, makanya kita masih dorong dan dukung kontraktor untuk memperoleh dana proyek,” katanya.
Apabila PLTGB bisa direalisasikan tepat waktu, maka kapasitas yang dihasilkan dari pembangunan PLTGB di Kecamatan Tebas akan menghasilkan daya listrik sebesar 9 MW. “Jika ini terlaksana, artinya kebutuhan listrik sudah melebihi cukup, dan kita bisa memenuhi kebutuhan pelanggan baru,” pungkasnya. (edo)









sumber: equator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar